Kamis, 02 Juni 2016

antropologi

nama: Mutiara Deviani
kelas: 1PA14
NPM: 14515864

PENGERTIAN ANTROPOLOGI

KAITAN ANTARA ANTROPOLOGI DAN PSIKOLOGI
Antropologi dan psikologi mempunyai objek yang sama yaitu manusia, sedangkan kaitannya adalah bagaimana perilaku manusia (konsep psikologi) bisa mempengaruhi kebudayaannya (konsep antropologi.
Hal itu tampak karena dalam psikologi pada hakikatnya mempelajari prilakumanusia dan proses-proses mentalnya. Dengan demikian, psikologimembahas faktor-faktor penyebab prilaku manusia secara internal, sepertimotifasi, minat, sikap, konsep diri, dan lain-lain. Sedangkan dalamantropologi, khususnya antropologi budaya lebih bersifat faktor eksternal,yaitu lingkungan fisik, lingkungan keluarga, dan lingkungan sosial dalam artiluas.

Antropologi bersasal dari kata anthropos yang berarti manusia, dan logos yang berarti ilmu.
Ada beberapa pendapat dari beberapa ahli mengenai arti dari antropologi:

Menurut Haviland : Antropologi adalah studi tentang umat manusia dan perilakunya untuk memperoleh pengertian yang lengkap mengenai keanekaragaman manusia.

Menurut Koentjaraningrat : Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat, serta kebudayaan yang dihasilkan.

Jadi kesimpulannya antropologi itu adalah sebuah ilmu yang mempelajari dengan segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berperilaku, tradisi-tradisi, nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.

SEJARAH PERKEMBANGAN ANTROPOLOGI

Sejarah perkembangan antropologin terdiri dari 4 fase, yaitu:

a. Fase Pertama ( < 1800 )
Sekitar abad 15-16 bangsa-bangsa di Eropa mulai berlomba untuk menjajah dunia. Mulai dari Afrika, Amerika, Asia, hingga Australia. Dalam penjajahannya mereka banyak menemui hal baru. Mereka banyak menjumpai suku-suku asing hingga mereka pun mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan suku-suku asing tersebut. Mulai dari ciri-ciri fisik, kebudayaan, susunan masyarakat, dan bahasanya. Bahan-bahan yang berisi tentang deskripsi suku asing tersebut kemudian dikenal dengan bahan etnografi atau deskripsi tentang bangsa-bangsa.

b. Fase Kedua ( tahun pertengahan abad 19 )
Pada fase ini bahan-bahan etnografi tersebut telah disusun menjadi karangan berdasarkan cara berpikir evolusi masyarakat pada masa itu. Masyarakat dan kebudayaan berevolusi secara perlahan dalam jangka waktu yang lama. Mereka menganggap bangsa-bangsa selain Eropa sebagai bangsa-bangsa primitif yang tertinggal dan menganggap bangsa Eropa adalah bangsa yang tinggi kebudayaannya.
Pada fase ini antropologi bertujuan akademis, mereka mempelajari masyarakat dan kebudayaan primitif dengan maksud untuk memperoleh pemahaman tentang tingkat-tingkat sejarah penyebaran kebudayaan manusia.

c. Fase Ketiga ( awal abad ke-20 )
Pada fase ini negara-negara di Eropa berlomba membangun koloni di benua lain seperti Asia, Amerika, Australia, dan Afrika. Dalam era kolonialisasi tersebut ilmu antropologi menjadi semakin penting bagi kepentingan kolonialisme. Pada fase ini mulai ada anggapan bahwa mempelajari bangsa-bangsa non-Eropa ternyata semakin penting karena masyarakat tersebut pada umumnya belum sekompleks bangsa-bangsa Eropa. Dengan pemahaman mengenai masyarakat yang belum kompleks, maka hal itu menambah pemahaman bagi masyarakat yang kompleks.

d. Fase Keempat ( > tahun 1930-an )
Pada fase ini antropologi berkembang pesat, kebudayaan-kebudayaan suku bangsa asli yang dijajah mulai hilang akibat terpengaruh kebudayaan bangsa Eropa. Pada fase keempat ini antropologi memiliki dua tujuan utama:

Tujuan Akademis yaitu untuk mencapai pemahaman tentang manusia berdasarkan bentuk fisiknya, masyarakatnya, maupun kebudayaannya.
Tujuan Praktis yaitu untuk kepentingan pembangunan.

CABANG-CABANG ANTROPOLOGI

Cabang-cabang antropologi menurut Haviland

Antropologi fisik : bagian dari antropologi yang memusatkan perhatiannya kepada manusia sebagai organisme biologis yang berkembang dan hendak ditentukan bagaimana dan apa sebabnya bangsa-bangsa berbeda menurut keadaan fisiknya

Antropologi budaya terdiri dari :
Etnologi (ilmu bangsa-bangsa) yaitu ilmu yang mempelajari tentang asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.
Linguistik yaitu ilmu yang mempelajari bahasa-bahasa.
Arkeologi yaitu ilmu yang mempelajari benda-benda dengan maksud menggambarkan dan menerangkan perilaku manusia.

Cabang-cabang antropologi menurut Koentjaraningrat

Antro Biologi
Paleonantropologi: ilmu yang mempelajari asal-usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil.
Antropologi fisik : ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik.
Antro Budaya Prahistori : ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenal tulisan.
Etnolinguistik : ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia.
Etnologi : ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.
Etnopsikologi : ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.
Antrospesialisasi : lebih dispesialisasikan seperti antropolitik, antroekonomi, antrokependudukan, antrokesehatan, antropendidikan, antroperkotaan, dan antrohukum.
Antro terapan : menerapkan pada disiplin ilmu.

Hubungan antara Antropologi dan Anatomi
Ilmu anatomi sangat dibutuhkan dalam antropologi, hal ini dikarenakan ilmu anatomi berfungsi untuk meneliti ciri-ciri dari barbagai bagian kerangka manusia, berbagai bagian tengkorak, dan ciri-ciri dari bagian tubuh manusia pada umumnya, menjadi obyek penelitian yang terpenting dari seorang ahli antropologi fisik untuk mendapatkan pengertian tentang asal mula dan penyebaran manusia serta hubungan antara ras-ras di dunia.

Hubungan Antropologi dan Ilmu Kesehatan
Kedua bidang ilmu ini saling berkesinambungan karena ilmu antropologi dapat memberikan informasi tentang data kesehatan masyarakat dari berbagai daerah serta aneka warna kebudayaan,metode dan cara untuk dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan adat istiadat setempat, sehingga hal ini memudahkan mereka yang ingin atau akan bekerja diluar daerah.

Hubungan Antropologi dan Ilmu Linguistik
Dalam melakukan suatu penelitian, ilmu antropologi memerlukan topangan dari berbagai ilmu lainnya yang salah satunya adalah ilmu linguistik yang membant dalam mengenal dan memahami bahasa suatu suku bangsa yang akan dijadikan objek penelitian.

Hubungan Antropologi dan Arkeologi
Ilmu antropologi terbagi menjadi dua, yaitu antro biologi dan antro budaya.  Dan didalam bahasan antrobudaya terdapat sub bahasan yang disebut prehistori, sub bahasan inilah yang kemudian memerlukan ilmu arkeologi sebagai sarana ilmu untuk mengetahui sejarah perkembangan kebudayaan manusia dan suku-suku bangsa sejak sebelum mengenal tulisan sampai kepada masa sekarang.

Hubungan Antropologi dan Ilmu Sejarah
Sejarah, memiliki kaitan yang sangat penting dan erat dengan antropologi karena ilmu sejarah menyumbang fakta dan data masa lampau suatu daerah, sehingga kita dapat mengetahui sejarah dan perkembangan suatu suku bangsa yang akan dijadikan sebagai objek kajian atau penelitian dalam antropologi.

Hubungan Antropologi dan Geografi
Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi beserta isinya.  Dan isi dari bumi itu sendiri adalah flora, fauna dan bentang alam yang terdapat di permukaan bumi.  Sehingga jika dilihat dari objek kajian geografi yang juga menyebutkan manusia, maka dengan kata lain geografi memerlukan sentuhan antropologi dalam kajiannya.  Hal ini dikarenakan antropologi mempelajari tentang berbagai warna manusia, baik dari segi suku bangsa, etnis, maupun ras.  Begitu pula sebaliknya, antropologi juga memerlukan geografi untuk memepelajari tentang bentang alam. Karena salah satu yang mempengaruhi kebudayaan manusia adalah keadaan lingkungan fisik tempat mereka hidup.

Hubungan Antropologi dan Ekonomi
Keadaan masyarakat sangat mempengaruhi kekuatan, proses serta hukum-hukum yang berlaku dalam aktivitas ekonomi masyarakat.  Untuk membangun perekonomian disuatu negara, seorang ahli ekonomi memerlukan bahan komparatif mengenai berbagai unsur kemasyarakatan dalam negara tersebut.  Dan untuk mengumpulkan data-data atau keterangan tersebut ilmu antropologi  sangat diperlukan.  Begitu juga sebaliknya, setiap perubahan yang terjadi dalam bidang ekonomi akan berdampak pada perubahan kebudayaan.

Hubungan Antropologi dan Hukum
Antropologi digunakan oleh banyak ahli hukum, terutama hukum adat.  Untuk melakukan penelitian tentang hukum adat yang berlaku di beberapa tempat. Anttropologi penting digunakan karena hukum adat bukan merupakan hukum yang tertulis, melainkan hukum yang timbul dan hidup langsung dalam masyarakat.


Antropologi juga memerlukan bantuan dari ilmu hukum 
karrena setiap masyarakat pasti mempunyai hukum yang digunakan dalam pengendalian sosial. Hukum yang berlaku dalam masyarakat turut mempengaruhi kebudayaan yang terjadi dalam masyarakat tersebut. Untuk itu seorang antropolog harus mempunyai pengetahuan umum tentang konsep-konsep hokum secara umum.

Hubungan Antropologi dan ilmu Administrasi
Secara umum ilmu administrasi mempelajari hal-hal yang menyerupai ekonomi. Misalnya tentang agrarian yang dibahas dalam administrasi.  Masalah ini dapat dikaji dan diteliti melalui metode-metode yang terdapat dalam ilmu antropologi.

Hubungan Antropologi dan ilmu Politik
Dalam meneliti maupun menganalisa suatu sistem politik maupun kekuatan politik dari suatu Negara tentusaja memperhatikan sistem pemerintahan, kekuatan-kekuatan politik dan masalah latar belakang budaya dari kekuatan politik tersebut. Adapun yang menyangkut latar belakang kekuatan politik yaitu prinsip ideology, sistem norma, adat istiadat dan tradisi dari semua kalangan yang menyusun kekuatan politik tersebut. Agar dapet memahami latar belakang penyusun kekuatan politik tersebut, diperlukan metode analisa antropologi.  Seorang antropolog dalam mempelajari suatu masyarakat atau suatu suku pati juga akan menghadapi tentang konsep kekuasaan yang terdapat dalam suku tersebut. Dalam menganalisa fenomena tersebut sudah tentu mereka memerlukan bantuan dari ilmu politik.

Etnografi berasal dari dua kata yaitu, ethos yang berarti bangsa atau suku bangsa dan graphein yang memiliki arti tulisan atau uraian.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa Etnografi adalah sebuah kajian kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik.

Metode etnograf:

Wawancara
Wawancara etnografis merupakan jenis peristiwa percakapan (speech event) yang khusus. 

Pengamatan
Dalam melakukan penelitian dengan menggunakan metode pengamatan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh seorang etnografer yaitu, ruang dan tempat serta setiap gerak yang berpengaruh terhadap gejala-gejala atau hal-hal yang sedang diamati.  Metode pengamatan ini dibagi kedalam beberapa metode, sebagai berikut :

Pengamatan Biasa
Pengamatan dengan teknik ini mengharuskan peneliti untuk tidak masuk atau terlibat dalam hubungan emosional yang terjadi pada objek penelitian.

Pengamatan Terkendali
Sama halnya dengan metode pengamatan biasa, disini peneliti dilarang untuk terlibat didalam hubungan emosional objek penelitian, hanya saja pada metode ini para pelaku yang akan diamati diseleksi oleh kondisi-kondisi yang terjadi didalam ruang atau tempat dimana objek diamati dan dikendalikan oleh peneliti.

Pengamatan Terlibat
Metode ini merupakan metode yang utama digunakan dalam penlitian etnograf.  Karena disini untuk mengumpulkan bahan-bahan atau keterangan yang diperlukan, peneliti diharuskan untuk terlibat dalam hubungan emosional yang dialami pelaku (objek penelitian).

berikut adalah Sembilan prinsip yang digunakan untuk menentukan batas-batas masyarakat atau suku bangsa :

1) Kesatuan manusia yang dibatasi oleh kesamaan rasa tau ciri-ciri jasmaniah

2) Kesatuan masyarakat yang bertempat tinggal pada suatu desa atau lebih

3) Kesatuan masyarakat yang mengcapkan bahasa atau suatu logat bahasa

4) Kesatuan masyarakat yang batasnya ditentukan oleh suatu daerah politik administrasi

5) Kesatuan masyarakat yang batasnya ditentukan oleh rasa identitas penduduk itu sendiri

6) Kesatuan masyarakat yang batasnya ditentukan oleh suatu wilayah geografis

7) Kesatuan masyarakat yang batasnya ditentukan oleh kesatuan ekologis

8) Kesatuan masyarakat yang memiliki pengalaman sejarah yang sama

9) Kesatuan masyarakat yang anggotanya melakukan interaksi dengan frekuensi tinggi dan merata.

Pengertian kebudayaan

1) Pengertian Kebudayaan secara umum adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan. 

2) Ralph Linton. Kebudayaan sebagai keseluruhan pengetahuan, sikap dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota suatu masyarakat tertentu.

3) Koenjtaraningrat. Kebudayaan sebagai keseluruhan dari kelakuan dan hasil kelakuan manusia yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatinya dengan belajar dan semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

4) E.B. Taylor: Pengertian kebudayaan menurut E.B. Taylor bahwa arti kebudayaan adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. 

5) A.L. Kroeber dan C. Kluckhon. Kebudayaan adalah pola, eksplisit dan implicit, tentang untuik perilaku yang dipelajari dan diwariskan melalui simbol-simbol, yang merupakan prestasi khas manusia, termasuk perwujudannya dalam benda-benda budaya.

6) Sutan Takdir Alisyahbana
Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir sehingga pola kebudayaan itu sangat luas. Sebab, semua laku dan perbuatan tercakup di dalamnya dan dapat dan diungkapkan pada basis dan cara berpikir termasuk di dalamnya perasaan karena perasaan juga merupakan maksud dari pikiran.

7) C.A. Van Peursen, Kebudayaan merupakan gejala manusiawi dari kegiatan berfikir (mitos, ideologi, dan ilmu), komunikasi (sistem masyarakat), kerja (ilmu alam dan teknologi), dan kegiatan-kegiatan lain yang lebih sederhana

Perbedaan pengertian antara:
Kata "kebudayaan berasal dari (bahasa Sanskerta) yaitu "buddayah" yang merupakan bentuk jamak dari kata "budhi" yang berarti budi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai "hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal". 
Kebudayaan berasal dari dua kata yaitu budi “akal” dan dan daya “hasil”.  Bias dikatakan kebudayaan adalah semua hasil yang di pikirkan oleh manusia. 

Culture/colere yaitu hasil tani. Hasil tani bias menghasilan suatu kebudayaan karena menopang kehidupan manusia. Atau segala daya upaya serta tindakan manusi untuk mengolah tanah dan mengubah alam

Peradaban adalah nilai-nilai kebudayaan melalui perwujudan norma-norma yang selanjutnya dijadikan tolok ukur bagi kepantasan perilaku warga masyarakat. Contoh: norma dan aturan keduanya termasuk yang menjadi tolok ukur perilaku.

Wujud kebudayaan menurut:
1) Talcott Parson dan Al Kroeber wujud kebudayaan itu adalah sebagai suatu rangkaian tindakan dan aktivitas manusia yang berpola.
2) Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.
- Gagasan (Wujud ideal)
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
- Aktivitas (tindakan)
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
- Artefak (karya)
Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan
.
3) Menurut koentjaraningrat kebudayaan itu dibagi menjadi dalam 3 wujud, yaitu :
Kebudayaan fisik: benda hasil karya manusia yang bersifat konkret. Dapat dilihat dan diraba. Spt candi, gelas, piring, dll
Sistem sosial: tingkah laku manusianya, spt menari, berbicara, melakukan suatu pekerjaan
Sistem budaya: wujud gagasan dari budaya dan tempatnya ada di dalam pikiran manusia itu sendiri. Sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat, di raba, dan di foto

Menurut C. Kluckhohn dinyatakan bahwa setiap kebudayaan memiliki tujuh unsur kebudayaan universal,yaitu :
1. bahasa terdiri dari bahasa lisan dan bahasa tulisan
2. Sistem pengetahuan,terdiri dari pengetauan tentang alam sekitar,pengetahuan tentang alam flora,pengetahuan tentang zat-zat dan bahan mentah,pengetahuan tentang tubuh manusia,pengetahuan tentang kelakuan seama manusia,dan pengetahuan tentang ruang,waktu dan bilangan.
3. organisasi sosial,terdiri dari sistem kekerabatan,sistem kesatuan hidup setempat,sistem asosiasi dan perkumpulan,serta sistem kenegaraan.
4. sistem peralatan dan teknologi terdiri dari alat-alat produksi,distribusi dan trasportasi,tempat-tempat untuk menaruh makanan dan minuman pakaian dan perhiasan serta tempat berlindung dan perumahan.
5. sistem mata pencarian hidup terdiri dari berburu,meramu,bercocok tanam di lading,perikanan,bercocok tanam menetap,pertenakan dan perdagangan
6. sistem religi terdiri dari sistem kepercayaan,sistem upacara keagamaan,kelompok keagamaan,ilmu gaib serta nilai-nilai dan pandangan hidup.
7. kesenian,terdiri dari seni patung,seni relif,seni lukis,gambar,seni vocal,seni instrument,seni kesastraan dan seni drama

Metode analisis kebudayaan menurut ralph linton:
1. Tahap pertama setiap sistem budaya dibagi kedalam “ adapt istiadat “ setiap sistem budaya dibagi kedalam “aktivitas sosial” dan setiam himpunan unsure-unsur kebudayaan fisik dapat dibagi kedalam “ benda-benda “,kebudayaan yang masig- masing disebut sesuai dengan nama benda-benda tersebut
2. Tahap kedua setiap adapt sebaiknya dibagi kedalam kompleks budaya-budaya dan setiap aktifitas sosial dibagi kedalam “Komplek sosial”
3. Tahap ketiga disrankan agar budaya dibagi-bagi menjadi “tema-tema budaya” tiap-tiap kompleks sosial lebih lnjut diuraikan menjadi “berbagai jenis-jenis pola sosial”.
4. Tahap kempat setiap tema budaya dapat dirinc lagi kedalam “gagasan tindakan.
Bahasa dan komunikasi

Pengertian bahasa: Bahasa (dari bahasa Sanskerta)  adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk dipergunakan bertutur dengan manusia lainnya dengan tanda, misalnya kata dan gerakan.

Bahasa dalam kerangka kebudayaan

Komunikasi verbal adalah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan cara tertulis atau dengan cara lisan.

Komunikasi non verbal adalah kebalaikan dari komunikasi verbal yaitu suatu proses dari komunikasi yang dimana penyampaian informasi atau pesannya tidak memakai kata-kata komunikasi ini sering disebut juga dengan bahasa isyarat. Bentuk dari komunikasi nonverbal ini memakai gerakan seperti misalnya: bahasa tubuh, ekspresi wajah, dengan kontak mata dan lain sebagainya.

Kinesik/gerakan tubuh:
Pesan fasial menggunakan air muka untuk menyampaikan makna tertentu, mialnya: kebahagiaan, terkejut, takut, marah, sedih, muak, pengecaman, minat, takjub, tekad. 
Pesan gesture, menunjukkan gerakan sebagian anggota badan seperti tangan, mata untuk mengkomunikasikan berbagai arti atau makna. 
Galloway, mengklasifikasikan pesan gestural untuk mengungkapkan : 
a. Mendorong/membatasi, 
b. Menyesuaikan/mempertentangkan, 
c. Responsif/tidak responsif, 
d. Perasaan positif/negatif, 
e. Memperhatikan/tidak, 
f. Melancarkan/tidak reseptif, 
g. Menyetujui atau menolak. 
Posture juga berkaitan dengan komunikasi antar status, dimana orang yang statusnya rendah akan kaku dan tegang. (Mehrabian 1981). 
Pesan postural berkenaan dengan seluruh anggota badan. 
Misal: postur ABRI berbeda dengan murid.

Pesan paralinguistik antar lain nada, kualitas suara volume, kecepatan dan ritme. Volume suara menunjukkan tinggi rendahnya suara, hal ini dapat memunculkan kesan sesuai dengan kondisi dan situasi. Volume suara halus, lembut, gemulai dapat mengungkapkan rasa romantis, sayang saling pengertian dan sebagainya 

Pesan artifaktual diungkapkan melalui penampilan, tubuh pakaian, dan kosmetik, warna pakaian.

Pesan proksemik, disampaikan melalui pengaturan jarak dan ruang.


Olfaksi dan sensitivitas kulit
Alat penerima sentuhan adalah kulit yang mampu mebedakan emosi yang disampaikan. 
Alma I Smith memberikan macam sentuhan dicurahkan dalam perasaan : tanpa perhatian (detached), kasih sayang (mothering), takut (fearful), marah, bercanda (playful). 
Bau-bauan digunakan untuk berkomunikasi secara sadar maupun tak sadar, misal yang sadar dengan menggunakan parfum, dan yang tidak sadar misalnya karena tegang maka mengeluarkan keringat yang bau khas. 
Rene Spits (1945) pada anak kecil sampai remaja perlu adanya kontak psikologi langsung dengan pelukan, emongan, yang menangkan. Tanpa itu akan terhambat perkembangannya dalam intelektual, sosial, emosional, dan perkembangan psikologi anak. 
Dalam situasiresmi guna komunikasi non verbal dapat dimunculkan terutama sentuhan dengan adanya bersalaman itu akan menunjukkan adanya persahabatan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar