Kamis, 30 Juni 2016

Emosi pada bayi

EMOSI
Emosi adalah reaksi subjektif terhadap pengalaman yang berasosiasi dengan perubahan fisiologis dan perilaku. Pola karakteristik seseorang terhadap reaksi emosi mulai berkembang selama infancy dan hal ini merupakan elemen dasar dari kepribadian.

Tanda-Tanda Pertama Emosi Bayi
Bayi baru lahir terus terang menunjukkan ketika mereka tidak bahagia. Ketika bayi ingin atau membutuhkan sesuatu, mereka menangis; ketika mereka merasakan bersosialisasi mereka tersenyum atau tertawa. 
Hal ini adalah sinyal awal atau petunjuk untuk mengetahui perasaan bayi dan merupakan indikator penting untuk perkembangan. Ketika pesan mereka  membawa respon, mereka merasakan koneksi dengan orang lain tumbuh. 

Menangis, adalah cara paling kuat, dan terkadang hanya itu cara yang bisa dilakukan bayi untuk mengomunikasikan kebutuhan mereka. Beberapa penelitian telah membedakan empat pola tangisan.
- Tangisan lapar
Tangisan berirama yang tidak selalu berasosiasi dengan lapar
- Tangisan marah
Variasi dari tangisan berirama, karena kelebihan udara dipaksa melalui pita suara
- Tangisan kesakitan
Tangisan keras yang tiba-tiba tanpa diawali erangan kadang-kadang diikuti dengan menahan napas
- Tangisan frustasi
Dua atau tiga teriakan berlarut-larut tanpa menahan napas berkepanjangan

Dalam usia anakanak, mereka mulai menyadari bahwa tangisan menyediakan fungsi komunikasi. Saat berumur 5 bulan bayi telah belajar untuk memonitor ekspresi pengasuh mereka dan jika mereka merasa tidak dipedulikan akan menangis keras sebagai 
usaha mendapat perhatian dan mereka akan berhenti menangis jika usaha mereka sukses. Namun beberapa kasus berbeda saat bayi yang sehat menangis lebih dari 3 jam dalam sehari, 3 hari dalam seminggu, selama lebih dari 3 minggu tanpa muncul penyebab distresnya, 
alasan biasanya adalah kolik.

Senyuman dan Tawasenyum samar paling awal terjadi secara spontan segera setelah kelahiran, sepertinya hal ini merupakan hasil dari aktivitas sistem saraf subkortikal. Senyum paksaan ini sering muncul selama periode tidur REM. 
Melewati satu bulan, senyum sering kali ditimbulkan oleh nada tinggi ketika bayi mengantuk. Selama masa 2 bulan, pengenalan visual terbentuk, bayi tersenyum lebih karena stimulus visual, misal melihat wajah yang sudah mereka kenal.

Senyum sosial dimulai di bulan kedua, infant menatap kedua orang tuanya dan tersenyum pada mereka menandakan partisipasi positif dalam berhubungan. Tawa adalah senyum yang terhubung dengan vokalisasi yang menjadi umum antara 4-12 bulan 
ketika menandakan emosi positif paling intens. 
Melewati 6 bulan, infant tersenyum merefleksikan pertukaran emosi dengan orang lain.  Bayi berusia 6 bulan mungkin terkikik saat merespons ibu yang membuat suara tidak biasa atau muncul dengan handuk menutupi wajahnya, bayi berusia 10 bulan mungkin tertawa
keras saat mencoba mengambil handuk kembali ke wajah ibunya ketika handuknya jatuh. Perubhana ini merefleksikan perkembangan kognitif. Tertawa juga membantu bayi melepaskan tekanan, misal ketakutan pada objek yang mengancam.

Saat 12sampai15 minggu infant dengan sengaja berkomunikasi dengan orang lain mengenai objek. Senyum antisipatif adalah ketika infant tersenyum pada suatu objek dan kemudian menatap orang dewasa dengan tetap tersenyum, respons ini meningkat tajam antara 8-10 bulan dan tampak
diantara tipe pertama komunikasi saat infant mengacu pada sebuah objek atau pengalaman. 
Senyum di awal dapat membantu memprediksi perkembangan lebih lanjut. Bayi berusia 4 bulan yang banyak tersenyum dalam merespons benda bergerak cenderung lebih riang pada usia 4 tahun, cenderung lebih suka berbicara dan terlibat. Infant lebih terkontrol ketika mereka tersenyum antara 3-6 bulan. 

Kapan Emosi Muncul?
Bayi menunjukkan tandatanda kepuasan, ketertarikan, dan penderitaan segera setelah lahir. Hal ini menyebar, refleks, sebagian besar respons fisiologi ke stimulus sensori atau proses internal. Selama 6 bualn selanjutnya, kondisi emosi awal ini akan dibedakan antara emosi sebenarnya: bahagia, terkejut, 
sedih, muak, dan kemudian marah dan ketakutan, reaksi pada peristiwa yang memiliki makna untuk infant.

Emosi Kesadaran Diri, ekspresi emosi seperti malu, empati, iri, tergantung pada kesadaran diri: pemahaman kognitif bahwa mereka memiliki identitas yang bisa dikenali, terpisah dan berbeda dengan seluruh dunia mereka. Kesadaran diri ini muncul antara 15-24 bulan. Menjelang usia 3 tahun mulai muncul emosi evaluatif diri, ekspresi emosi seperti rasa bangga, terhina, rasa bersalah tergantung pada kesadaran diri dan pengetahun mengenai standar penerimaan sosial terhadap perilaku.

Hubungan Otak dengan Emosi

Pengalaman emosi dipengaruhi oleh perkembangan otak dan dapat memiliki pengaruh jangka panjang pada struktur otak. Empat fase utama dalam pengorganisasian otak kurang lebih terkait dengan perubahan dalam proses emosi. Selama tiga bulan pertama kehidupan, perbedaan emosi dasar dimulai saat 
korteks serebral mulai berfungsi, membawa persepsi kognitif dalam permainan. Tidur REM dan perilaku refleks termasuk senyum dari neonatus spontan berkurang. 
Fase kedua terjadi antara 9-10 bulan, ketika lobus frontal mulai berinteraksi dengan sistem limbik, membentuk reaksi emosional. Pada saat bersamaan, struktur limbik seperti hipokampus membesar dan seperti orang dewasa. Hubungan antara korteks frontal dan hipotalamus dan sistem limbik, yang mengolah 
sensori informasi, dapat memfasilitasi hubungan antara kognitif dan bidang emosi. Saat semua hubungan ini menjadi padat dan lebih berelaborasi, seorang infant dapat mengalami dan menginterpretasikan emosi di waktu yang sama.
Fase ketiga mengambil tempat di tahun kedua, ketika infant mengembangkan kesadaran diri, kesadaran emosi dalam diri, dan kapasitas yang besar untuk meregulasikan emosi mereka dan aktivitasnya. Perubahan ini yang bertepatan dengan pergerakan fisik yang besar dan perilaku eksplorasi, dapat berkaitan 
dengan mielinisasi lobus frontal.
Fase keempat terjadi sekitar usia 3 tahun, ketika perubahan hormonal dalam sistem jaringan saraf otonomi bertepatan dengan munculnya evaluasi emosi. Yang mendasari perkembangan dari emosi tersebut adalah rasa malu mungkin beralih dari didominasi oleh sistem simpatetik, bagian dari sistem otonomi 
yang mempersiapkan tubuh untuk suatu aksi, sedangkan sistem parasimpati yang menjadi bagian dari sistem otonomi yang melibatkan ekskresi dan kematangan ekskresi seksual.

Altruisme, Membantu, Empati, dan Kognisi Sosial. Altruistik merupakan aktivitas yang bertujuan untuk membantu orang lain tanpa mengharapkan ganjaran. Perilaku Altruistik tampaknya datang secara alami pada toddler. Sebelum ulang tahun kedua, anak sering kali membantu yang lain, berbagi benda-benda miliknya dan makanan, dan menawarkan kenyamanan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar